RUDIARTO AKAN LUNCURKAN PROGRAM SMART VILLAGE KAMPUNG MULYO DADI

Pelayanan Prima sebagai perwujudan Smart Village Kampung Mulyo Dadi
Pelayanan Prima sebagai perwujudan Smart Village Kampung Mulyo Dadi

Mulyo Dadi (12/5) Kepala Kampung Mulyo Dadi meluncurkan program smart village di Kampung Mulyo Dadi yang harapannya kedepan dapat menjadi pelayanan modern yang berbasis tekhnologi, sehingga pelayanan kebutuhan terhadap masyarakat dapat lebih inovativ dan mudah.

Smart Village Menuju Desa Lampung Berjaya: Maju, Mandiri dan Sejahtera. Diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Lampung Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Transmigrasi

Smart Village berfokus mendorong tumbuhnya ekonomi kreatif desa melalui pembinaan pada sektor agrikultur, kesehatan, pendidikan, pariwisata, logistik, maritim dan layanan publik.

Smart Village (Desa Cerdas) adalah Desa yang mampu (memiliki daya dukung, kapasitas, dan daya saing) dalam memanfaatkan potensi sumberdayanya dengan cara yang baru melalui pemanfaatan Iptek serta pendayagunaan kearifan lokal untuk kesejahteraan, kemajuan desa, dan peningkatan taraf hidup masyarakat dengan melibatkan segenap unsur Desa.

Smart Village berorientasi pada penyelenggaraan pemerintahan desa yang baik dan benar, maka setidak-tidaknya ada 3 pilar untuk mewujudkan Smart Village, yaitu:

  1. Smart Government : Sistem Layanan Administrasi Pemerintahan Desa berbasis digital yang Prima dan terintegrasi baik di tingkat desa, Kecamatan, kabupaten hingga provinsi.
  2. Smart Economy: Mendorong dan mengoptimalkan sektor ekonomi kreatif lokal serta terciptanya pelaku usaha baru di  Desa (UMKM, BUMDes, Koperasi, Startup) yang dikolaborasikan dengan Teknologi Digital menjadi solusi atas berbagai masalah di Desa.
  3. Smart People: meningkatkan kualiatas SDM di desa melalui INKUBASI DESA untuk menjamin keberlangsungan kemandirian desa.

Untuk Desa yang ingin memiliki/belum memiliki sistem informasi layanan administrasi desa secara online.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan